Belajar Buat RPP Kurikulum 2013














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )












 












IRA IRIANTI,S.Pd
SDN LEPRAK 3
Kelompok 4













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )



Sekolah                       : SDN Leprak 3
Kelas / Semester          : IV / I
Tema / Sub Tema        : BerbagaiPekerjaan / BarangdanJasa
AlokasiWaktu             :  x Pertemuan

A.      Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkkan prilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaanTuhan dan kegiatannya, dan benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar
SBDP
·           3.5.   Mengetahui berbagai alur dan cara dan pengolahan media karya kreatif
·           4.14. Membuat karya kreatif  yang diperlukan untuk melengkapi proses pembelajaran dengan
memanfaatkan bahan di lingkungan.
Indikator
·           Membuat minuman tradisional sebagai karya yang  melengkapi proses pembelajaran tentang teknologi sederhana.
·           Menjelaskan manfaat minuman tradisional yang dibuat

IPA
·           3.7. Mendeskripsikan hubungan antarasumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan
masyarakat
·           4.7. Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan dikehidupan sehari-hari
serta kemudahan  yang diperoleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.
Indikator
·           Menjelaskan teknologi yang digunakan untuk memanfaatkan sumber daya alam
·           Menyajikan laporan hasil pengamatan

Bahasa Indonesia
·           3.4. Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dansumber daya alam dengan
bantuan guru dan teman dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·           4.4. Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri
dalam teks bahasa indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baru
Indikator
·           MengolahInformasi yang ada di teks dalam bentuk peta pikiran
·           Menceritakan cerita dengan bahasa sendiri sesuai peta pikiran yang telah dibuat

C.      TujuanPembelajaran
·         Setelah membaca, siswa mampu mengolah informasidari teks dengan benar
·         Setelah mengamati benda-benda dikelas dengan mandiri
·         Setelah diskusi, siswa mampu berkreasi membuat sebuah produk yang mengaplikasikan teknologi sederhana dengan memperhatikan langkah-langkah yang diberikan , secara baik dan benar


D.      Materi Pembelajaran
1.         Jenis-jenis pekerjaan penghasil barang dan jasa
Setiap orang bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Jenis-jenis pekerjaan dapat dibedakan berdasarkan hasil dari pekerjaannya, yaitu barang dan jasa.
a.       Pekerjaan yang menghasilkan barang.
Jenis pekerjaan ini menghasilkan barang yang dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup, seperti makanan, minuman, perabot rumah tangga, dan lain-lain.Perhatikan contoh dan jenis-jenis pekerjaan serta hasilnya dibawah ini!
·      Petani menghasilkan padi, jagung, dan lain-lain.
·      Pengrajin menghasilkan meja, kursi, dan kerajinan lainnya.
·      Peternak menghasilkan telur, daging, dan susu.
b.      Pekerjaan yang menghasilkan jasa.
Jenis pekerjaan ini menghasilkan jasa yang dibutuhkan    oleh masyarakat. Kita membutuhkan   pendidikan, layanan kesehatan, layanan transportasi, dan lain-lain. Dokter merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa dalam bidang kesehatan.
Perhatikan contoh jenis pekerjaan serta jasanya berikut ini.
·       Guru berjasa dalam pendidikan.
·       Dokter  berjasa dalam kesehatan.
·       Sopir berjasa dalam layanan transportasi.
Jenis pekerjaan lain yang menghasilkan jasa ialah montir, sopir, pengacara, polisi, tentara, jaksa, hakim, pegawai negeri, perias pengantin, dan perawat

2.         Pengolahan Sumber daya Alam

Sumber daya alam merupakan kekayaan alam yang diciptakan oleh Tuhan untuk ke sejah teraan manusia. Semua yang ada di alam ini merupakan sumber daya alam yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Kemajuan teknologi sangat membantu manusia mengolahsum  berdaya alam untuk mendatangkan manfaat yang sebanyak-banyaknya.
Sumber daya alam ada yang dapat dimanfaatkan secara langsung, ada pula yang harus diolah lebih dahulu dengan menggunakan teknologi. Benda-benda yang dibuat dengan teknologi menjadi sangat berbeda dengan bahan asalnya. Pembuatan benda yang memerlukan teknologi sederhana misalnya pembuatan tempe dan tahu dari bahan dasar kedelai. Pembuatan benda-benda yang memerlukan teknologi yang agak rumit, misalnya pembuatan kertas dari kayu, pembuatan kain, dan pembuatan barang-barang dari karet. Mari kita lihat proses pembuatan benda yang dipakai sehari-hari dengan menggunakan teknologi.

3.         Pengolahan Wedang Jahe

E.       Metode Pembelajaran
·         Pendekatan    : Saintifik
·         Metode          : Ceramah, Diskusi, Demonstrasi

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media ; gambar-gambar tentang macam-macam pekerjaan, Benda-benda di sekolah
2.      Alat/ bahan ; jahe, gula merah, gula pasir, serai , daun jeruk , cengkeh, kayu manis dll
3.      SumberBelajar ; Buku guru dan siswa, lingkungan sekolah

G.      Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan
·           Siswa memulai kegiatan dengan berdo’a
·           Mengingatkan siswa tentang materi pekerjaan yang telah dipelajari pada minggu sebelumnya

Kegiatan inti
·           Siswa membaca teks cerita tentang Pak Sukri
·           Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam bentuk peta pikiran
·           Guru menginformasikan bagaimana siswa menuliskan rangkuman / jawaban yang ada dalam peta pikiran
·           Siswa menuliskan apa yang di informasikan oleh guru kedalam kotak-kotak kosong yang ada dalam tubuh gambar
·           Beberapa  siswa bercerita didepan kelas berdasar peta pikiran yang dibuat
·           Siswa mengamati gambar dan menuliskan jenis pekerjaan darigambar-gambar  yang ada dan menuliskan hasil kerja dari masing-masing pekerjaan pada gambar
·           Siswa kembali mengamati gambar berbagai jenis pekerjaan yang ada
·           Siswa menuliskan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa  yang dihasilkan dari setiap pekerjaan dan jenis sumber daya alam yang digunakan ke dalam tabel secara berkelompok
·           Siswa menjawab pertanyaan bersama-sama tentang hasil tabel yang dibuatnya
·           Siswa melakukan observasi beberapa barang yang ada di sekolah secara berpasangan
·           Siswa mengamati dan memprediksi bagaimana cara benda itu diolah
·           Beberapa siswa mempresentasikan hasil pengamatan di depan kelas
·           Siswa membuat kreasi minuman jahe sebagai pengaplikasian teknologi sederhana secara berkelompok
·           Guru menginformasikan tentang pekerjaan yang biasa membuat wedang jahe dan juga manfaat jahe bagi kesehatan
·           Siswa saling bertukar pendapat tentang hasil produk wedang jahe dari setiap kelompok

Kegiatan penutup
·           Siswa membuat kesimpulan kegiatan hari ini
·           Siswa menuliskan refleksi dari kegiatan yang telah dilakukan
·           Siswa mendapat tugas yang harus dikerjakan dirumah

H.      Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Unjuk kerja; meliputi kemampuan bercerita didepan kelas sesuai peta pikiran yang dibuat.
b.      Observasi
c.       Produk membuat Wedang Jahe

2.      Bentuk Instrumen dan Instrumen Penilaian
a.       Bentuk Instrumen
1.      Bahasa Indonesia
Buatlah peta pikiran berdasarkan pertanyaan-pertanyaan berikut.
1.  Di manakah latar dari cerita di atas?
2.  Siapa saja yang ada di dalam gambar?
3.  Apa saja yang sedang mereka lakukan?
4.  Apa pekerjaan dari masing-masing tokoh dalam cerita?

2.      IPA
Ambillah beberapa barang yang ada disekolahmu, amati dan prediksilah cara benda itu diolah. Berilah tanda centang ( √ ) sesuai dengan cara pengolahannya.
Nama Barang
Cara pengolahan
Diolah oleh bantuan manusia
Diolah  oleh bantuan mesin

























3.      SBdp
Setelah selesai membuat, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
1.      Sumber daya  alam apakah yang kamu manfaatkan untuk membuat minuman itu?
2.      Teknologi apakah yang kamu gunakan saat membuatnya ?
3.      Bagaimana kesanmu saat melakukan kegiatan diatas ?






b.      Instrumen Penilaian

1.      Daftar Periksa Peta Pikiran (Bahasa Indonesia)
Kriteria
Keterangan
Ya
Tidak
Di dalam peta pikiran yang aku buat, di dalamya sudah terdapat nama semua pekerjaan yang ada d
i gambar


Di dalam peta pikiran yang aku buat, di dalamnya sudah menuliskan hasil pekerjaan dari masing-masing pekerjaan dengan benar.



2.      Daftar Periksa Produk Tabel Observasi ( IPA )
Kriteria
Keterangan
Ya
Tidak
Aku sudah dapat memilih pekerjaan yang hasil kerjanya berupa benda dengan semua benar


Aku sudah dapat menyimpulkan tentang jenis-jenis pekerjaan


Aku sudah dapat menuliskan barang yang dihasilkandarisetiap pekerjaan yang ada dalam gambar


Aku sudah dapat menuliskan bahan asal benda yang dihasilkan dari setiap pekerjaan yang ada dalam gambar


Aku sudah dapat menuliskan sumber daya alam yang digunakan dari setiap pekerjaan yang ada dalam gambar


Aku sudah dapat mengelompokkan benda-benda dalam kelas yang diolah dengan mesin dan dengan bantuan manusia


Aku sudah dapat mengelompokkan benda-benda dalam kelas yang diolah dengan bantuan manusia




3.      Daftar periksa Produk wedang jahe ( SBDP )
Kriteria
Keterangan
Ya
Tidak
Aku sudah dapat membuat wedang jahe sesuai dengan langkah-langkah pembuatan dengan runtut


Aku sudah dapat membuat wedang jahe dengan mandiri


Aku sudah dapat membuat wedang jahe sesuai dengan langkah-langkah. Aku sudah dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang kegiatan pembuatan jahe yang ada di buku, Aku sudah dapat menuliskan barang yang dihasilkan dari setiap pekerjaan yang ada dalam gambar




4.      Rubrik Unjuk kerja Bahasa SBdp dan Bahasa Indonesia
Kriteria
Bagus Sekali
4
Bagus
3
Cukup
 2
Perlu bimbingan
1
Bekerja sama
Bekerja utk mnyelesaikan tugasmenunjukkan sikap positifvterhadap teman
Sebagian besar sikap menunjukkan sikap positif terhadap tugas dan teman , dan terlibat untuk menyelesaikan sebagian besar tugas
Terkadang dapat bekerja sama, menertawakan teman atau hasiil kerja teman
Tidak bisa bekerja sama dengan teman dan menunjukkan sikap negatif terhadap teman
Cerita yangdihasilkan
Cerita runtut, isi cerita sesuai dengan peta pikiran.
Cerita runtut namun sebagian cerita tidak sesuai peta pikiran
Sebagian cerita runtut dan sebagian cerita tidak sesuai peta pikiran
Cerita tidak runtut , setiap kalimat berdiri sendiri


                        Catatan                        :  centang pada bagian yang memenuhi kriteria
                        Penskoran        : NA = ( Total skor : Skor Maksimal ) x 100

5.      Lembar Penilaian Sikap
Minggu ke…………….Bulan ,……….2013                           subtema………
No
Nama
siswa
Perkembangan Prilaku
Rasa Ingin Tahu
Kerjasama
Tekun
Ketelitian
SB
B
C
K
SB
B
C
K
SB
B
C
K
SB
B
C
K
1

















2

















3




































Mengetahui                                                                  Klabang,………Juli 2013
KepalaSekolah                                                             Guru Kelas



Munawar, S.Ag, M.MPd                                            Ira Irianti, S,Pd
NIP.19590514 198308 1 003


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2 Pendekatan Dalam Pembelajaran IPA SD

MATA KULIAH PERSPEKTIF PENDIDIKAN MODUL 3 PERKEMBANGAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR

CONTOH HASIL BELAJAR SISWA UNTUK KURIKULUM 2013