Belajar Buat RPP Kurikulum 2013
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
IRA IRIANTI,S.Pd
SDN LEPRAK 3
Kelompok 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SDN Leprak 3
Kelas / Semester :
IV / I
Tema / Sub Tema :
BerbagaiPekerjaan / BarangdanJasa
AlokasiWaktu :
x Pertemuan
A.
Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkkan prilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaanTuhan
dan kegiatannya, dan benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
SBDP
·
3.5. Mengetahui berbagai alur dan cara dan pengolahan
media karya kreatif
·
4.14.
Membuat karya kreatif yang diperlukan untuk
melengkapi proses pembelajaran dengan
memanfaatkan bahan di lingkungan.
Indikator
·
Membuat
minuman tradisional sebagai karya yang melengkapi proses pembelajaran tentang teknologi
sederhana.
·
Menjelaskan
manfaat minuman tradisional yang dibuat
IPA
·
3.7.
Mendeskripsikan hubungan antarasumber daya alam dengan lingkungan, teknologi,
dan
masyarakat
·
4.7.
Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan dikehidupan
sehari-hari
serta kemudahan yang diperoleh masyarakat dengan memanfaatkan
teknologi tersebut.
Indikator
·
Menjelaskan
teknologi yang digunakan untuk memanfaatkan sumber daya alam
·
Menyajikan
laporan hasil pengamatan
Bahasa Indonesia
·
3.4.
Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dansumber daya
alam dengan
bantuan guru dan teman
dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·
4.4.
Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara
mandiri
dalam teks bahasa indonesia
lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baru
Indikator
·
MengolahInformasi
yang ada di teks dalam bentuk peta pikiran
·
Menceritakan
cerita dengan bahasa sendiri sesuai peta pikiran yang telah dibuat
C.
TujuanPembelajaran
·
Setelah
membaca, siswa mampu mengolah informasidari teks dengan benar
·
Setelah
mengamati benda-benda dikelas dengan mandiri
·
Setelah
diskusi, siswa mampu berkreasi membuat sebuah produk yang mengaplikasikan teknologi
sederhana dengan memperhatikan langkah-langkah yang diberikan , secara baik dan
benar
D.
Materi Pembelajaran
1.
Jenis-jenis pekerjaan penghasil barang dan jasa
Setiap
orang bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Jenis-jenis pekerjaan dapat
dibedakan berdasarkan hasil dari pekerjaannya, yaitu barang dan jasa.
a. Pekerjaan yang menghasilkan
barang.
Jenis pekerjaan ini menghasilkan
barang yang dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup, seperti makanan,
minuman, perabot rumah tangga, dan lain-lain.Perhatikan contoh dan jenis-jenis
pekerjaan serta hasilnya dibawah ini!
·
Petani
menghasilkan padi, jagung, dan lain-lain.
·
Pengrajin
menghasilkan meja, kursi, dan kerajinan lainnya.
·
Peternak
menghasilkan telur, daging, dan susu.
b. Pekerjaan yang menghasilkan jasa.
Jenis pekerjaan ini menghasilkan
jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Kita membutuhkan pendidikan, layanan
kesehatan, layanan transportasi, dan lain-lain. Dokter merupakan pekerjaan yang
menghasilkan jasa dalam bidang kesehatan.
Perhatikan contoh jenis pekerjaan
serta jasanya berikut ini.
·
Guru
berjasa dalam pendidikan.
·
Dokter berjasa dalam kesehatan.
·
Sopir
berjasa dalam layanan transportasi.
Jenis
pekerjaan lain yang menghasilkan jasa ialah montir, sopir, pengacara, polisi,
tentara, jaksa, hakim, pegawai negeri, perias pengantin, dan perawat
2.
Pengolahan Sumber daya Alam
Sumber daya alam merupakan
kekayaan alam yang diciptakan oleh Tuhan untuk ke sejah teraan manusia. Semua
yang ada di alam ini merupakan sumber daya alam yang sangat dibutuhkan oleh
manusia. Kemajuan teknologi sangat membantu manusia mengolahsum berdaya alam untuk mendatangkan manfaat yang
sebanyak-banyaknya.
Sumber daya alam ada yang dapat
dimanfaatkan secara langsung, ada pula yang harus diolah lebih dahulu dengan
menggunakan teknologi. Benda-benda yang dibuat dengan teknologi menjadi sangat berbeda
dengan bahan asalnya. Pembuatan benda yang memerlukan teknologi sederhana misalnya
pembuatan tempe dan tahu dari bahan dasar kedelai. Pembuatan benda-benda yang memerlukan
teknologi yang agak rumit, misalnya pembuatan kertas dari kayu, pembuatan kain,
dan pembuatan barang-barang dari karet. Mari kita lihat proses pembuatan benda
yang dipakai sehari-hari dengan menggunakan teknologi.
3.
Pengolahan
Wedang Jahe
E.
Metode Pembelajaran
·
Pendekatan : Saintifik
·
Metode : Ceramah, Diskusi, Demonstrasi
F.
Media, Alat, dan
Sumber Pembelajaran
1. Media ; gambar-gambar tentang macam-macam
pekerjaan, Benda-benda di sekolah
2. Alat/ bahan ; jahe, gula merah,
gula pasir, serai , daun jeruk , cengkeh, kayu manis dll
3. SumberBelajar ; Buku guru dan siswa,
lingkungan sekolah
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan
·
Siswa
memulai kegiatan dengan berdo’a
·
Mengingatkan
siswa tentang materi pekerjaan yang telah dipelajari pada minggu sebelumnya
Kegiatan
inti
·
Siswa
membaca teks cerita tentang Pak Sukri
·
Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam bentuk peta pikiran
·
Guru
menginformasikan bagaimana siswa menuliskan rangkuman / jawaban yang ada dalam peta
pikiran
·
Siswa
menuliskan apa yang di informasikan oleh guru kedalam kotak-kotak kosong yang
ada dalam tubuh gambar
·
Beberapa siswa bercerita didepan kelas berdasar peta pikiran
yang dibuat
·
Siswa
mengamati gambar dan menuliskan jenis pekerjaan darigambar-gambar yang ada dan menuliskan hasil kerja dari masing-masing
pekerjaan pada gambar
·
Siswa
kembali mengamati gambar berbagai jenis pekerjaan yang ada
·
Siswa
menuliskan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa yang dihasilkan dari setiap pekerjaan dan jenis
sumber daya alam yang digunakan ke dalam tabel secara berkelompok
·
Siswa
menjawab pertanyaan bersama-sama tentang hasil tabel yang dibuatnya
·
Siswa
melakukan observasi beberapa barang yang ada di sekolah secara berpasangan
·
Siswa
mengamati dan memprediksi bagaimana cara benda itu diolah
·
Beberapa
siswa mempresentasikan hasil pengamatan di depan kelas
·
Siswa
membuat kreasi minuman jahe sebagai pengaplikasian teknologi sederhana secara berkelompok
·
Guru
menginformasikan tentang pekerjaan yang biasa membuat wedang jahe dan juga manfaat
jahe bagi kesehatan
·
Siswa
saling bertukar pendapat tentang hasil produk wedang jahe dari setiap kelompok
Kegiatan
penutup
·
Siswa
membuat kesimpulan kegiatan hari ini
·
Siswa
menuliskan refleksi dari kegiatan yang telah dilakukan
·
Siswa
mendapat tugas yang harus dikerjakan dirumah
H.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a.
Unjuk
kerja; meliputi kemampuan bercerita didepan kelas sesuai peta pikiran yang
dibuat.
b.
Observasi
c.
Produk
membuat Wedang Jahe
2.
Bentuk
Instrumen dan Instrumen Penilaian
a.
Bentuk
Instrumen
1.
Bahasa
Indonesia
Buatlah peta
pikiran berdasarkan pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Di manakah latar dari cerita di atas?
2. Siapa saja yang ada di dalam gambar?
3. Apa saja yang sedang mereka lakukan?
4. Apa pekerjaan dari masing-masing tokoh dalam
cerita?
2.
IPA
Ambillah beberapa barang yang ada
disekolahmu, amati dan prediksilah cara benda itu diolah. Berilah tanda centang
( √ ) sesuai dengan cara pengolahannya.
Nama
Barang
|
Cara
pengolahan
|
|
Diolah
oleh bantuan manusia
|
Diolah oleh bantuan mesin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
SBdp
Setelah selesai membuat, jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
1.
Sumber
daya alam apakah yang kamu manfaatkan
untuk membuat minuman itu?
2.
Teknologi
apakah yang kamu gunakan saat membuatnya ?
3.
Bagaimana
kesanmu saat melakukan kegiatan diatas ?
b.
Instrumen
Penilaian
1.
Daftar
Periksa Peta Pikiran (Bahasa Indonesia)
2.
Daftar
Periksa Produk Tabel Observasi ( IPA )
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Aku sudah
dapat memilih pekerjaan yang hasil kerjanya berupa benda dengan semua benar
|
|
|
Aku sudah dapat menyimpulkan tentang jenis-jenis pekerjaan
|
|
|
Aku sudah
dapat menuliskan barang yang dihasilkandarisetiap pekerjaan yang ada dalam gambar
|
|
|
Aku sudah
dapat menuliskan bahan asal benda yang dihasilkan dari setiap pekerjaan yang
ada dalam gambar
|
|
|
Aku sudah
dapat menuliskan sumber daya alam yang digunakan dari setiap pekerjaan yang
ada dalam gambar
|
|
|
Aku sudah
dapat mengelompokkan benda-benda dalam kelas yang diolah dengan mesin dan dengan
bantuan manusia
|
|
|
Aku sudah
dapat mengelompokkan benda-benda dalam kelas yang diolah dengan bantuan manusia
|
|
|
3.
Daftar
periksa Produk wedang jahe ( SBDP )
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Aku sudah
dapat membuat wedang jahe sesuai dengan langkah-langkah pembuatan dengan runtut
|
|
|
Aku sudah dapat membuat wedang jahe dengan mandiri
|
|
|
Aku sudah
dapat membuat wedang jahe sesuai dengan langkah-langkah. Aku sudah dapat menjawab
pertanyaan-pertanyaan tentang kegiatan pembuatan jahe yang ada di buku, Aku sudah
dapat menuliskan barang yang dihasilkan dari setiap pekerjaan yang ada dalam gambar
|
|
|
4.
Rubrik
Unjuk kerja Bahasa SBdp dan Bahasa Indonesia
Kriteria
|
Bagus
Sekali
4
|
Bagus
3
|
Cukup
2
|
Perlu
bimbingan
1
|
Bekerja
sama
|
Bekerja
utk mnyelesaikan tugasmenunjukkan sikap positifvterhadap teman
|
Sebagian
besar sikap menunjukkan sikap positif terhadap tugas dan teman , dan terlibat
untuk menyelesaikan sebagian besar tugas
|
Terkadang
dapat bekerja sama, menertawakan teman atau hasiil kerja teman
|
Tidak
bisa bekerja sama dengan teman dan menunjukkan sikap negatif terhadap teman
|
Cerita
yangdihasilkan
|
Cerita
runtut, isi cerita sesuai dengan peta pikiran.
|
Cerita
runtut namun sebagian cerita tidak sesuai peta pikiran
|
Sebagian
cerita runtut dan sebagian cerita tidak sesuai peta pikiran
|
Cerita
tidak runtut , setiap kalimat berdiri sendiri
|
Catatan : centang pada bagian yang memenuhi kriteria
Penskoran : NA = ( Total skor : Skor Maksimal ) x
100
5.
Lembar
Penilaian Sikap
Minggu ke…………….Bulan ,……….2013 subtema………
No
|
Nama
siswa
|
Perkembangan
Prilaku
|
|||||||||||||||
Rasa
Ingin Tahu
|
Kerjasama
|
Tekun
|
Ketelitian
|
||||||||||||||
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Klabang,………Juli
2013
KepalaSekolah Guru Kelas
Munawar, S.Ag,
M.MPd Ira Irianti, S,Pd
NIP.19590514 198308
1 003
Komentar
Posting Komentar