contoh abstrak skripsi PTK


ABSTRAK

IRA IRIANTI. 2010. Penerapan Metode Cooperatif  Learning Tipe Jigsaw  Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Sub Pokok Bahasan Tindakan Ekonomi berdasarkan Motif dan Prinsip Ekonomi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Panji Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2009/2010.

Dosen Pembimbing     : DR. H. Hobri. SPd. MPd
Kata Kunci                  : Penerapan Metode Cooperatif  Learning Tipe Jigsaw, Hasil Belajar

Salah satu tipe dari Cooperative Learning adalah tipe Jigsaw. Pemilihan tipe dalam tulisan ini karena Cooperative Learning tipe Jigsaw merupakan pembelajaran Jigsaw. kooperatif yang sederhana, sehingga cocok digunakan bagi guru-guru yang baru mulai menggunakan penerapan Cooperative Learning. Dalam Cooperative Learning tipe Jigsaw. siswa bekerja dengan melalui empat tahapan yaitu: 1) siswa dikelompokkan dalam anggota minimal 4 orang, (2) Setiap orang dalam tim diberi materi dan tugas yang berbeda, (3) Anggota dari tim yang berbeda dengan penugasan yang sama membentuk kelompok baru atau kelompok ahli. Setelah itu, kelompok ahli berdiskusi, tiap anggota kelompok kembali ke kelompok asal dan menjelaskan kepada anggota kelompok tentang sub bab yang mereka kuasai, (4) Tim ahli mempresentasikan hasil diskusi.
Sebelum diadakan siklus 1 (prasiklus) meneliti mengobservasi aktivitas belajar siswa berupa aktivitas kelompok dan aktivitas individu. Peneliti menemukan Siswa yang semula acuh terhadap proses pembelajaran, pada siklus ini terlihat lebih memperhatikan diskusi serta melakukan pencatatan hasil diskusi dengan rapi. Akan tetapi peningkatan pendapat, pertanyaan dan saran dalam proses diskusi, hal itu dapat dilihat pada prasiklus aktivitas siswa masih rendah 2,26 terutama pada indikator pada aktivitas kelompok yaitu 2,03 pada prasiklus namun setelah peneliti membimbing siswa dalam belajar kelompok sehingga ada peningkatan pada siklus 2 yaitu sebesar 2,47. Hanya tutor yang nampak aktif berpendapat dalam setiap pembahasan soal. Pada hasil individu, individu siswa mengalami peningkatan. Peneliti memperbaiki pada siklus 2 sehingga siswa mencapai skor rata-rata 3,33 yang dapat dikategorikan tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Cooperative Learning Jigsaw dalam proses pembelajaran IPS (Ekonomi), pokok bahasan mengenal tindakan ekonomi dan motif ekonomi, serta prinsip ekonomi di kelas VII-F SMP Negeri 1 Panji semester I tahun pelajaran 2009/2010, dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2 Pendekatan Dalam Pembelajaran IPA SD

MATA KULIAH PERSPEKTIF PENDIDIKAN MODUL 3 PERKEMBANGAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR

CONTOH HASIL BELAJAR SISWA UNTUK KURIKULUM 2013