contoh abstrak skripsi PTK
ABSTRAK
IRA IRIANTI. 2010. Penerapan Metode Cooperatif
Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata
Pelajaran IPS Sub Pokok Bahasan Tindakan Ekonomi berdasarkan Motif dan Prinsip
Ekonomi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Panji Semester Ganjil Tahun Pelajaran
2009/2010.
Dosen Pembimbing :
DR. H. Hobri. SPd. MPd
Kata Kunci : Penerapan Metode
Cooperatif Learning Tipe Jigsaw, Hasil Belajar
Salah satu tipe
dari Cooperative Learning adalah tipe Jigsaw.
Pemilihan tipe dalam tulisan ini karena Cooperative Learning tipe Jigsaw merupakan pembelajaran Jigsaw. kooperatif yang
sederhana, sehingga cocok digunakan bagi guru-guru yang baru mulai menggunakan
penerapan Cooperative Learning. Dalam Cooperative Learning tipe Jigsaw. siswa bekerja dengan
melalui empat tahapan yaitu: 1) siswa dikelompokkan dalam anggota minimal 4
orang, (2) Setiap orang dalam tim diberi materi dan tugas yang berbeda, (3)
Anggota dari tim yang berbeda dengan penugasan yang sama membentuk kelompok
baru atau kelompok ahli. Setelah itu, kelompok ahli berdiskusi, tiap anggota
kelompok kembali ke kelompok asal dan menjelaskan kepada anggota kelompok
tentang sub bab yang mereka kuasai, (4) Tim ahli mempresentasikan hasil diskusi.
Sebelum diadakan
siklus 1 (prasiklus) meneliti mengobservasi aktivitas belajar siswa berupa
aktivitas kelompok dan aktivitas individu. Peneliti menemukan Siswa yang semula
acuh terhadap proses pembelajaran, pada siklus ini terlihat lebih memperhatikan
diskusi serta melakukan pencatatan hasil diskusi dengan rapi. Akan tetapi
peningkatan pendapat, pertanyaan dan saran dalam proses diskusi, hal itu dapat
dilihat pada prasiklus aktivitas siswa masih rendah 2,26 terutama pada
indikator pada aktivitas kelompok yaitu 2,03 pada prasiklus namun setelah
peneliti membimbing siswa dalam belajar kelompok sehingga ada peningkatan pada
siklus 2 yaitu sebesar 2,47. Hanya tutor yang nampak aktif berpendapat dalam
setiap pembahasan soal. Pada hasil individu, individu siswa mengalami
peningkatan. Peneliti memperbaiki pada siklus 2 sehingga siswa mencapai skor
rata-rata 3,33 yang dapat dikategorikan tinggi.
Berdasarkan
hasil penelitian dan analisis pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa
penerapan metode Cooperative Learning Jigsaw
dalam proses pembelajaran IPS (Ekonomi), pokok bahasan mengenal tindakan
ekonomi dan motif ekonomi, serta prinsip ekonomi di kelas VII-F SMP Negeri 1
Panji semester I tahun pelajaran 2009/2010, dapat meningkatkan partisipasi
belajar siswa.
Komentar
Posting Komentar