CONTOH HASIL BELAJAR SISWA UNTUK KURIKULUM 2013
|
- Contoh Pengisian buku Rapor
Sesuai
dengan Juknis yang telah dibuat oleh Direktorat Dikdasmen maka contoh Rapor
atau Laporan Hasil Capaian Kompetensi Peserta Didik Sekolah Dasar serta cara
pengisiannya dapat dibaca berikut ini:
![Text Box:
LAPORAN
HASIL CAPAIN KOMPETENSI PESERTA DIDIK
SEKOLAH DASAR
(SD)
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
REPUBLIK INDONESIA](file:///C:%5CUsers%5CIRAIRI%7E1%5CAppData%5CLocal%5CTemp%5Cmsohtmlclip1%5C01%5Cclip_image003.png)
PETUNJUK
1. Buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta
Didik, merupakan ringkasan hasil penilaian terhadap seluruh aktivitas
pembelajaran yang dilakukan peserta didik dalam kurun waktu tertentu. Laporan
perkembangan dan hasil Pencapaian Kompetensi peserta didik secara rinci,
disajikan dalam portofolio yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Buku
Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik ini.
2. Buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta
Didik dipergunakan selama peserta didik yang bersangkutan mengikuti pelajaran
di Sekolah Dasar;
3. Apabila pindah sekolah, buku Laporan Hasil
Pencapaian Kompetensi Peserta Didik ini dibawa oleh yang bersangkutan untuk
dipergunakan di sekolah baru dengan meninggalkan arsip/copy di sekolah lama;
4. Apabila buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi
Peserta Didik ini hilang, dapat diganti dengan Buku Laporan Hasil Pencapaian
Kompetensi Peserta Didik pengganti yang disahkan oleh Kepala Sekolah asal;
5. Buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta
Didik ini harus dilengkapi dengan pas foto(3 cm x 4 cm) dan pengisiannya
dilakukan oleh Guru Kelas;
6. Laporan penilaian memuat hasil Pencapaian Kompetensi
yang disajikan secara deskriptif untuk masing-masing kompetensi inti.
7. Laporan perkembangan fisik diisi dengan
data kondisi peserta didik berdasarkan hasil pengukuran yang dilakukan guru
bekerjasama dengan pihak lain yang relevan.
8. Laporan kondisi kesehatan diisi dengan
deskripsi hasil pemeriksaan yang dilakukan guru, bekerjasama dengan tenaga
kesehatan atau puskesmas terdekat.
9. Kolom ketidakhadiran diisi dengan data
akumulasi ketidakhadiran siswa, baik karena sakit, izin, maupun tanpa
keterangan dalam satu semester.
IDENTITAS PESERTA
DIDIK
1.
Nama Peserta
Didik
|
:
|
|
2.
Nomor Induk
|
:
|
|
3.
Tempat,Tanggal
Lahir
|
:
|
|
4.
Jenis Kelamin
|
:
|
|
5.
Agama
|
:
|
|
6.
Pendidikan
sebelumnya
|
:
|
|
7.
Alamat
Peserta Didik
|
:
|
|
8. Nama
Orang Tua
|
:
|
|
a. Ayah
|
:
|
|
b. Ibu
|
:
|
|
9. Pekerjaan
Orang Tua
|
:
|
|
a. Ayah
|
:
|
|
b. Ibu
|
:
|
|
10. Alamat
Orang Tua
|
:
|
|
Jalan
|
:
|
|
Kelurahan/Desa
|
:
|
|
Kecamatan
|
:
|
|
Kabupaten/Kota
|
:
|
|
Provinsi
|
:
|
|
11. Wali
Peserta Didik
|
:
|
|
a. Nama
|
:
|
.......................................................................................
|
b. Pekerjaan
|
:
|
.......................................................................................
|
c. Alamat
|
:
|
.......................................................................................
|
…………………….,
…………………….
|
................................................
NIP.
........................................
A. Petunjuk Pengisian Buku
Rapor
Mengacu pada Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia no 66 tahun 2013tentang Standar
Penilaian Pendidikan menyebutkan
bahwa Hasil penilaian oleh pendidik dan satuan
pendidikan dilaporkan dalam bentuk nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi
kepada orangtua dan Pemerintah.
Pada Standar
Penilaian Pendidikan disebutkan bahwa Laporan hasil penilaian oleh pendidik
berbentuk: (1) nilai dan/atau deskripsi pencapaian kompetensi, untuk hasil
penilaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan termasuk penilaian hasil
pembelajaran tematik-terpadu (2) deskripsi sikap, untuk hasil penilaian
kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial (3)
Penilaian oleh masing-masing pendidik tersebut secara keseluruhan selanjutnya
dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk Laporan Hasil
Belajar Peserta Didik.
Pengembangan Laporan Hasil Belajar Peserta Didik pada dasarnya
merupakan wewenang sekolah. Untuk membantu sekolah mengembangkan Laporan Hasil
Belajar Peserta Didik, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar menyusun Buku Raport
untuk SD beserta Panduan Pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik.
Buku Petunjuk Teknis Pengisian Laporan Hasil
Belajar Peserta Didik pada jenjang Sekolah Dasar diharapkan dapat membantu sekolah dalam mengisi format Laporan Hasil
Belajar Peserta Didik sesuai dengan Kurikulum 2013.
Penilaian
oleh pendidik pada dasarnya digunakan untuk menilai pencapaian hasil belajar
peserta didik sebagai dasar untuk memperbaiki proses pembelajaran, dan bahan
penyusunan laporan kemajuan hasil belajar peserta didik.
Proses
pembelajaran dan penilaian difokuskan pada tiga ranah yaitu: sikap, pengetahuan
dan keterampilan. Pada kurikulum 2013 tiga ranah tersebut dijabarkan menjadi
empat kompetensi inti yaitu kompetensi inti 1 (satu) sikap spiritual, kompetensi
inti 2 (dua) sikap sosial, kompetensi inti 3 (tiga) pengetahuan, dan kompetensi
inti 4 (empat) keterampilan.
A. Sikap
Pada kolom deskripsi diisi oleh guru dalam kalimat positif
tentang:
1.
Apa yang menonjol terkait dengan
kemampuan pada aspek sikap anak dalam tiap muatan pelajaran yang ada pada
komptensi inti 1 dan 2 (KI-1 dan KI-2).
2.
Usaha pengembangan kemampuan pada aspek sikap anak
dalam tiap muatan pelajaran untuk mencapai kompetensi inti 1 dan 2 (KI-1 dan
KI-2) pada kelas yang diikutinya.
Pada
aspek sikap, deskripsi menggambarkan prestasi siswa pada muatan mata pelajaran pada kelas dan semester
tertentu dari aspek sikap.
Berikutnya
dari deskripsi yang dituangkan guru juga menggambarkan kompetensi-kompetensi
yang masih perlu ditingkatkan dan perlu mendapat perhatian guru dan orang tua,
agar seorang siswa dapat mencapai kompetensi secara optimal.
Deskripsi
tersebut merupakan ringkasan dan intisari dari penilaian yang sudah dilakukan
oleh guru dengan berbagai alat penilaian termasuk penilaian autentik setelah
siswa mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran proyek (project based learning), penemuan (discovery learning), dan pemecahan masalah (problem based learning). Disamping itu juga memanfaatkan portofolio
dan hasil observasi dan wawancara.
Contoh pengisian aspek: Sikap
Aspek
|
Deskripsi
|
Menerima, menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
|
·
diisi oleh guru dalam kalimat positif tentang apa yang menonjol terkait
dengan kempuan anak dalam tiap muatan mata pelajaran, dan usaha-usaha apa
yang perlu dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas
yang diikutinya
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dalam berinteraksi dengan
keluarga dan guru
|
·
diisi oleh guru dalam kalimat positif tentang apa yang menonjol terkait
dengan kempuan anak dalam tiap muatan mata pelajaran, dan usaha-usaha apa
yang perlu dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas
yang diikutinya
|
B.
Pengetahuan
Pada kolom deskripsi diisi oleh guru dalam kalimat positif
tentang:
1.
Apa yang menonjol terkait dengan
kemampuan pada aspek pengetahuan anak dalam tiap muatan pelajaran yang ada pada
komptensi inti 3 (KI 3).
2.
Usaha pengembangan kemampuan pada aspek pengetahuan
anak dalam tiap muatan pelajaran untuk mencapai kompetensi inti 3 (KI 3) pada
kelas yang diikutinya.
Pada
aspek pengetahuan, deskripsi menggambarkan prestasi siswa pada muatan mata pelajaran pada kelas dan semester
tertentu dari aspek pengetahuan.
Berikutnya
dari deskripsi yang dituangkan guru juga menggambarkan kompetensi-kompetensi
yang masih perlu ditingkatkan dan perlu mendapat perhatian guru dan orang tua,
agar seorang siswa dapat mencapai kompetensi secara optimal.
Deskripsi
tersebut merupakan ringkasan dan intisari dari penilaian yang sudah dilakukan
oleh guru dengan berbagai alat penilaian termasuk penilaian autentik setelah
siswa mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran proyek (project based learning), penemuan (discovery learning), dan pemecahan masalah (problem based learning). Disamping itu juga memanfaatkan portofolio
dan hasil penilaian yang dilakukan melalui tes (ulangan harian, ulangan tengah
semester, ulangan akhir semester).
Contoh
pengisian aspek: Pengetahuan Kelas I semester 1 (satu)
Aspek
|
Deskripsi
|
Mengingat dan memahami pengetahuan faktual dan konseptual
berdasarkan rasa ingin tahu tentang:
·
dirinya,
·
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya
·
benda-benda lain di sekitarnya
|
· Mahirmenyebuthuruf-hurufhijaiyyahsecaralengkap,
tetapimasihperlubimbinganuntukharakatnyasecarabenar.
· Menguasaibenarsimbol-simbolsilaPancasila.
· Mahirmenyebutteksdeskriptiftentanganggotatubuhdanpancainderadengankosakatabahasa
Indonesia
· Pandaimembandingkandenganmemperkirakanpanjangsuatubendadenganmenggunakanistilahsehari-hari.
· Masihperlulatihantentangpolairamalagubervariasimenggunakanalatmusikritmik
|
C.
Keterampilan
Pada kolom deskripsi diisi oleh guru dalam kalimat positif
tentang:
1.
Apa yang menonjol terkait dengan
kemampuan pada aspek keterampilan anak dalam tiap muatan pelajaran yang ada
pada komptensi inti 4 (KI-4).
2.
Usaha pengembangan kemampuan pada aspek
keterampilan anak dalam tiap muatan pelajaran untuk mencapai kompetensi inti 4
(KI-4) pada kelas yang diikutinya.
Pada aspek keterampilan, deskripsi menggambarkan prestasi siswa
pada muatan mata pelajaran pada kelas
dan semester tertentu dari aspek keterampilan.
Berikutnya dari deskripsi yang dituangkan guru juga menggambarkan kompetensi-kompetensi
yang masih perlu ditingkatkan dan perlu mendapat perhatian guru dan orang tua,
agar seorang siswa dapat mencapai kompetensi secara optimal.
Deskripsi tersebut merupakan ringkasan dan intisari dari penilaian
yang sudah dilakukan oleh guru dengan berbagai alat penilaian termasuk
penilaian autentik setelah siswa mengikuti pembelajaran dengan model
pembelajaran proyek (project based
learning), penemuan (discovery
learning), dan pemecahan masalah (problem based learning). Disamping itu juga
memanfaatkan portofolio dan hasil penilaian praktik dan proyek.
Contoh
pengisian aspek: Keterampilan
Kelas I semester 1 (satu)
Aspek
|
Deskripsi
|
Menyajikan
kemampuan mengamati, menanya, dan mencoba dalam :
-
bahasa yang jelas,logis, dan sistematis
-
karya yang estetis
-
gerakan anak sehat
-
tindakan anak beriman dan berakhlak mulia
|
·
diisi oleh guru dalam kalimat positif tentang apa yang menonjol terkait
dengan kempuan anak dalam tiap muatan mata pelajaran, dan usaha-usaha apa
yang perlu dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas
yang diikutinya
|
D. KOKURIKULER DAN EKSTRAKURIKULER
No.
|
Kegiatan Ekstrakurikuler
|
Deskripsi
|
1.
|
Pramuka
|
Diisi dengan kegiatan
yang pernah diikuti dan peranannya.
|
2.
|
UKS
|
Diisi dengan kegiatan
yang pernah diikuti dan peranannya.
|
D. Perkembangan
Fisik/Kesehatan
1.
Perkembangan Fisik/Kesehatan
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Semester
|
|
1
|
2
|
||
1
|
Tinggi
|
Diisi sesuai hasil pengukuran pada semester 1
|
Diisi sesuai hasil pengukuran pada semester 2
|
2
|
Berat Badan
|
Diisi sesuai hasil pengukuran pada semester 1
|
Diisi sesuai hasil pengukuran pada semester 2
|
2. Kondisi Kesehatan
No
|
Aspek Fisik
|
Keterangan
|
1.
|
Pendengaran
|
Diisi sesuai hasil pemeriksaan bekerjasama dengan tenaga
kesehatan/Puskesmas
|
2.
|
Penglihatan
|
idem
|
3.
|
Gigi
|
idem
|
4.
|
Lainnya
(diisi jika ada aspek/kondisi kesehatan lainnya)
|
idem
|
3. Catatan Prestasi
Komentar
Posting Komentar