CONTOH HASIL BELAJAR SISWA UNTUK KURIKULUM 2013


HO-3.3
 
PELAPORAN HASIL PENILAIAN PEMBELAJARAN

  1. Contoh Pengisian buku Rapor
Sesuai dengan Juknis yang telah dibuat oleh Direktorat Dikdasmen maka contoh Rapor atau Laporan Hasil Capaian Kompetensi Peserta Didik Sekolah Dasar serta cara pengisiannya dapat dibaca berikut ini:
Text Box:  
LAPORAN
HASIL CAPAIN KOMPETENSI PESERTA DIDIK
SEKOLAH DASAR
(SD)

 








KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN 
REPUBLIK INDONESIA



PETUNJUK

1.       Buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik, merupakan ringkasan hasil penilaian terhadap seluruh aktivitas pembelajaran yang dilakukan peserta didik dalam kurun waktu tertentu. Laporan perkembangan dan hasil Pencapaian Kompetensi peserta didik secara rinci, disajikan dalam portofolio yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik ini.
2.       Buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik dipergunakan selama peserta didik yang bersangkutan mengikuti pelajaran di Sekolah Dasar;
3.       Apabila pindah sekolah, buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik ini dibawa oleh yang bersangkutan untuk dipergunakan di sekolah baru dengan meninggalkan arsip/copy di sekolah lama;
4.       Apabila buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik ini hilang, dapat diganti dengan Buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik pengganti yang disahkan oleh Kepala Sekolah asal;
5.       Buku Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik ini harus dilengkapi dengan pas foto(3 cm x 4 cm) dan pengisiannya dilakukan oleh Guru Kelas;
6.       Laporan penilaian memuat hasil Pencapaian Kompetensi yang disajikan secara deskriptif untuk masing-masing kompetensi inti.
7.       Laporan perkembangan fisik diisi dengan data kondisi peserta didik berdasarkan hasil pengukuran yang dilakukan guru bekerjasama dengan pihak lain yang relevan.
8.       Laporan kondisi kesehatan diisi dengan deskripsi hasil pemeriksaan yang dilakukan guru, bekerjasama dengan tenaga kesehatan atau puskesmas terdekat.
9.       Kolom ketidakhadiran diisi dengan data akumulasi ketidakhadiran siswa, baik karena sakit, izin, maupun tanpa keterangan dalam satu semester.




IDENTITAS PESERTA DIDIK
1.       Nama Peserta Didik
:
………………………………………………………………………..
2.       Nomor Induk
:
………………………………………………………………………..
3.       Tempat,Tanggal Lahir
:
………………………………………………………………………..
4.       Jenis Kelamin
:
………………………………………………………………………..
5.       Agama
:
………………………………………………………………………..
6.       Pendidikan sebelumnya
:
………………………………………………………………………..
7.       Alamat Peserta Didik
:
………………………………………………………………………..
8.       Nama Orang Tua
:

a.    Ayah
:
………………………………………………………………………..
b.    Ibu          
:
………………………………………………………………………..
9.       Pekerjaan Orang Tua
:

a.    Ayah
:
………………………………………………………………………..
b.    Ibu          
:
………………………………………………………………………..
10.   Alamat Orang Tua
:

Jalan
:
………………………………………………………………………..
Kelurahan/Desa
:
………………………………………………………………………..
Kecamatan
:
………………………………………………………………………..
Kabupaten/Kota
:
………………………………………………………………………..
Provinsi
:
………………………………………………………………………..
11.   Wali Peserta Didik
:

a.    Nama
:
.......................................................................................
b.    Pekerjaan
:
.......................................................................................
c.    Alamat
:
.......................................................................................
                               
                                                                                                            ……………………., …………………….

Pas Foto
ukuran
3 X 4 CM
 
                                                                                                             Kepala Sekolah,






  ................................................
                                 NIP. ........................................




A.     Petunjuk Pengisian Buku Rapor

Mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia no 66 tahun 2013tentang Standar Penilaian Pendidikan menyebutkan bahwa Hasil penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan dilaporkan dalam bentuk nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi kepada orangtua dan Pemerintah.
Pada Standar Penilaian Pendidikan disebutkan bahwa Laporan hasil penilaian oleh pendidik berbentuk: (1) nilai dan/atau deskripsi pencapaian kompetensi, untuk hasil penilaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan termasuk penilaian hasil pembelajaran tematik-terpadu (2) deskripsi sikap, untuk hasil penilaian kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial (3) Penilaian oleh masing-masing pendidik tersebut secara keseluruhan selanjutnya dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk Laporan Hasil Belajar Peserta Didik.
Pengembangan Laporan Hasil Belajar Peserta Didik pada dasarnya merupakan wewenang sekolah. Untuk membantu sekolah mengembangkan Laporan Hasil Belajar Peserta Didik, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar menyusun Buku Raport untuk SD beserta Panduan Pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik.
Buku Petunjuk Teknis Pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik pada jenjang Sekolah Dasar diharapkan dapat membantu sekolah dalam mengisi format Laporan Hasil Belajar Peserta Didik sesuai dengan Kurikulum 2013.
Penilaian oleh pendidik pada dasarnya digunakan untuk menilai pencapaian hasil belajar peserta didik sebagai dasar untuk memperbaiki proses pembelajaran, dan bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar peserta didik.
Proses pembelajaran dan penilaian difokuskan pada tiga ranah yaitu: sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pada kurikulum 2013 tiga ranah tersebut dijabarkan menjadi empat kompetensi inti yaitu kompetensi inti 1 (satu) sikap spiritual, kompetensi inti 2 (dua) sikap sosial, kompetensi inti 3 (tiga) pengetahuan, dan kompetensi inti 4 (empat) keterampilan.


A.     Sikap
Pada kolom deskripsi diisi oleh guru dalam kalimat positif tentang:
1.       Apa yang menonjol terkait dengan kemampuan pada aspek sikap anak dalam tiap muatan pelajaran yang ada pada komptensi inti 1 dan 2 (KI-1 dan KI-2).
2.       Usaha  pengembangan kemampuan pada aspek sikap anak dalam tiap muatan pelajaran untuk mencapai kompetensi inti 1 dan 2 (KI-1 dan KI-2) pada kelas yang diikutinya.
Pada aspek sikap, deskripsi menggambarkan prestasi siswa pada  muatan mata pelajaran pada kelas dan semester tertentu dari aspek sikap.
Berikutnya dari deskripsi yang dituangkan guru juga menggambarkan kompetensi-kompetensi yang masih perlu ditingkatkan dan perlu mendapat perhatian guru dan orang tua, agar seorang siswa dapat mencapai kompetensi secara optimal.
Deskripsi tersebut merupakan ringkasan dan intisari dari penilaian yang sudah dilakukan oleh guru dengan berbagai alat penilaian termasuk penilaian autentik setelah siswa mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran proyek (project based learning), penemuan (discovery learning),  dan pemecahan masalah (problem based learning). Disamping itu juga memanfaatkan portofolio dan hasil observasi dan wawancara.

Contoh pengisian aspek: Sikap

Aspek
Deskripsi
Menerima, menjalankan ajaran agama yang dianutnya
·         diisi oleh guru dalam kalimat positif tentang apa yang menonjol terkait dengan kempuan anak dalam tiap muatan mata pelajaran, dan usaha-usaha apa yang perlu dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas yang diikutinya

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dalam berinteraksi dengan keluarga dan guru
·         diisi oleh guru dalam kalimat positif tentang apa yang menonjol terkait dengan kempuan anak dalam tiap muatan mata pelajaran, dan usaha-usaha apa yang perlu dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas yang diikutinya

B.     Pengetahuan
Pada kolom deskripsi diisi oleh guru dalam kalimat positif tentang:
1.       Apa yang menonjol terkait dengan kemampuan pada aspek pengetahuan anak dalam tiap muatan pelajaran yang ada pada komptensi inti 3 (KI 3).
2.       Usaha  pengembangan kemampuan pada aspek pengetahuan anak dalam tiap muatan pelajaran untuk mencapai kompetensi inti 3 (KI 3) pada kelas yang diikutinya.

Pada aspek pengetahuan, deskripsi menggambarkan prestasi siswa pada  muatan mata pelajaran pada kelas dan semester tertentu dari aspek pengetahuan.
Berikutnya dari deskripsi yang dituangkan guru juga menggambarkan kompetensi-kompetensi yang masih perlu ditingkatkan dan perlu mendapat perhatian guru dan orang tua, agar seorang siswa dapat mencapai kompetensi secara optimal.

Deskripsi tersebut merupakan ringkasan dan intisari dari penilaian yang sudah dilakukan oleh guru dengan berbagai alat penilaian termasuk penilaian autentik setelah siswa mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran proyek (project based learning), penemuan (discovery learning),  dan pemecahan masalah (problem based learning). Disamping itu juga memanfaatkan portofolio dan hasil penilaian yang dilakukan melalui tes (ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester).
Contoh pengisian aspek: Pengetahuan Kelas I semester 1 (satu)
Aspek
Deskripsi
Mengingat dan memahami pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahu tentang:
·   dirinya,
·   makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya
·   benda-benda lain di sekitarnya
·      Mahirmenyebuthuruf-hurufhijaiyyahsecaralengkap, tetapimasihperlubimbinganuntukharakatnyasecarabenar.
·      Menguasaibenarsimbol-simbolsilaPancasila.
·      Mahirmenyebutteksdeskriptiftentanganggotatubuhdanpancainderadengankosakatabahasa Indonesia
·      Pandaimembandingkandenganmemperkirakanpanjangsuatubendadenganmenggunakanistilahsehari-hari.
·      Masihperlulatihantentangpolairamalagubervariasimenggunakanalatmusikritmik



C.      Keterampilan
Pada kolom deskripsi diisi oleh guru dalam kalimat positif tentang:
1.       Apa yang menonjol terkait dengan kemampuan pada aspek keterampilan anak dalam tiap muatan pelajaran yang ada pada komptensi inti 4 (KI-4).
2.       Usaha  pengembangan kemampuan pada aspek keterampilan anak dalam tiap muatan pelajaran untuk mencapai kompetensi inti 4 (KI-4) pada kelas yang diikutinya.

Pada aspek keterampilan, deskripsi menggambarkan prestasi siswa pada  muatan mata pelajaran pada kelas dan semester tertentu dari aspek keterampilan.
Berikutnya dari deskripsi yang dituangkan guru juga menggambarkan kompetensi-kompetensi yang masih perlu ditingkatkan dan perlu mendapat perhatian guru dan orang tua, agar seorang siswa dapat mencapai kompetensi secara optimal.

Deskripsi tersebut merupakan ringkasan dan intisari dari penilaian yang sudah dilakukan oleh guru dengan berbagai alat penilaian termasuk penilaian autentik setelah siswa mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran proyek (project based learning), penemuan (discovery learning),  dan pemecahan masalah (problem based learning). Disamping itu juga memanfaatkan portofolio dan hasil penilaian praktik dan proyek.





Contoh pengisian aspek: Keterampilan
Kelas I semester 1 (satu)
Aspek
Deskripsi
Menyajikan kemampuan mengamati, menanya, dan mencoba dalam :
-          bahasa yang jelas,logis, dan sistematis
-          karya yang estetis
-          gerakan anak sehat
-          tindakan anak beriman dan berakhlak mulia
·         diisi oleh guru dalam kalimat positif tentang apa yang menonjol terkait dengan kempuan anak dalam tiap muatan mata pelajaran, dan usaha-usaha apa yang perlu dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas yang diikutinya


D. KOKURIKULER DAN EKSTRAKURIKULER
No.
Kegiatan Ekstrakurikuler
Deskripsi

1.

Pramuka
Diisi dengan kegiatan yang pernah diikuti dan peranannya.












2.

UKS
Diisi dengan kegiatan yang pernah diikuti dan peranannya.





D.     Perkembangan Fisik/Kesehatan


1.        Perkembangan Fisik/Kesehatan
No
Aspek Yang Dinilai
Semester
1
2
1         
Tinggi
Diisi sesuai hasil pengukuran pada semester 1
Diisi sesuai hasil pengukuran pada semester 2
2         
Berat Badan
Diisi sesuai hasil pengukuran pada semester 1
Diisi sesuai hasil pengukuran pada semester 2



2.       Kondisi Kesehatan

No
Aspek Fisik
Keterangan
1.
Pendengaran
Diisi sesuai hasil pemeriksaan bekerjasama dengan tenaga kesehatan/Puskesmas
2.
Penglihatan
idem
3.
Gigi
idem
4.
Lainnya
(diisi jika ada aspek/kondisi kesehatan lainnya)
idem


3.    Catatan Prestasi

No
Jenis Prestasi
Keterangan

Diisi dengan jenis prestasi akademik yang relevan, baik di tingkat kelas, sekolah, kabupaten/Kota maupun yang lebih tinggi.
Diisi dengan prestasi yang dicapai siswa dalam kejuaraan dan perlombaan dengan mencantumkan tingkat, waktu, dan tempat.
Dapat juga dicantumkan kelebihan atau hal-hal lain yang menonjol.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2 Pendekatan Dalam Pembelajaran IPA SD

MATA KULIAH PERSPEKTIF PENDIDIKAN MODUL 3 PERKEMBANGAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR

CONTOH RPP PAIKEM